Trik melakukan pemasaran buku kepada konsumen

Materi bersama Pak Agus Dana

Selaku direktur pemasaran penerbit Andi





Trik Pemasaran buku kepada konsumen

Jumat, 10 Juli 2020

Oleh    : Nanik Kartika, S.Pd

       Selama musim pandemi ini, toko buku di Indonesia turun, dalam kurun waktu selama wabah covid ini. Dampaknya banyak orang-orang yang tidak mau berkunjung ke toko buku, baik yang berada di mall maupun ynag tersedia di toko buku.

       Kalau direview penurunan penjualan yang dilakukan di toko buku,mencapai 70-80%.Banyak penerbit yang bangkrut karena pandemic corona ini.Dari data tersebut dapat dilihat penurunan pengunjung di gramedia mulai bulan februari. Mulai merangkak naik awal juni.Melalui aturan protocol covid -19.

       Dengan menghadapi pandemic ini, penerbit buku, melakukan strategi yaitu pentingnya mentransformasi digital.Perubahan ini menimbulkan dampak ke dalam beberapa hal, mulai dari tempat bekerja, mengajar bagi guru dan dosen. Hingga tatanan kehidupan dalam keluarga juga mulai berubah.

       Dalam hal ini dalam pemasaran buku diperlukannya digital marketing dalam pemasaran buku. Dalam digital marketing kita harus menyesuaikan diri, diera normal ini. Di dalamnya terkandung Branding, social media, digital marketing dan lain-lain.

       Kenapa kita harus memakai digital marketing? Karena sangat efektif bagi pemasaran buku untuk meningkatkan penjualan.Kita harus menjalin hubungan di mesia social, kita juga harus membangun hubungan baik dengan best seller yang ada.

       Pemasaran yang paling efektif adalah melalui komunitas-komunitas.Melalui komunitas inilah produk segala macam buku akan ditawarkan kepada pembeli. Selebihnya kita bisa lebih tampil di depan pertama yang tercepat dan tepat dalam melakukan pemasaran di digital marketing ini.

       Selain itu mereka juga melakukan promo-promo khusus, smacam memberikan diskon kepada konsumen. Untuk meningkatkan penjualan,mengadakan event-event melalui webinar sebagai promosi dari buku yang akan dijual.

       Kita juga harus mempertahankan kualitas buku. Menjadikan branding yang tanggap respon, jika ada yang ingin membeli buku, serta sepat melakukan pengiriman. Dan harus mempunyai solusi yang baik kepada konsumen yang melakukan komplain.

       Strategi yang lain, supaya buku penjualannya tetap bertahan, yaitu dengan cara mobile marketing, email marketing untuk menargetkan pelangggan sangat efektif.Sehingga jumlah pelangggan meningkat.

       Cara lain juga untuk memasarkan buku, yaitu denga cara personal marketing, dengan dapat menampilkan iklan infiormasi, menargetkan secara perorangan., secara continue marketing yaitu secara berkelanjutan secara terus menerus

       Strategi yang penting juga dalam pemasaran buku adalah melalui internet. Dinamakan konten marketing. Karena setiap informasi selalu dicari di internet. Jadi dilakukan cara semenarik mungkin agar konsumen tertarik.

       Di dalam pemasaran buku perlu juga kita menghadirkan visual marketing, melaui instagram, youtub. Dalam memasarkan buku melalui digital marketing kita perlu melalui google untuk pemasaran buku.

       Berkaitan dengan adanya alokasi dari dana Bos untuk buku-buku perpustakaan. Mereka juga menyediakan secara lengkap sesuai yang dibutuhkan sekolah melaui market place.

 

Beliau memberikan motivasi dengan kalimat  selamat berjuang,karena menulis adalah suatu perjuangan, penuli adaalah pahlawan akan dikenang selama-lamanya.Lembaran karya adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya. Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca, membaca adalah jendela dunia.

Terima Ksih Bapak atas Informasi dan trik pemasaran yang dilakukan.

      


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui branding dari Pak Namin

Bersama bu Beti mengelola Kelas di Era Covid

Menulis Sebagai Goresan Inspirasi