Trik melakukan pemasaran buku kepada konsumen
Materi bersama Pak Agus Dana
Selaku direktur pemasaran penerbit Andi
Trik Pemasaran buku kepada konsumen
Jumat, 10 Juli 2020
Oleh : Nanik
Kartika, S.Pd
Selama musim pandemi ini, toko buku di Indonesia
turun, dalam kurun waktu selama wabah covid ini. Dampaknya banyak orang-orang
yang tidak mau berkunjung ke toko buku, baik yang berada di mall maupun ynag
tersedia di toko buku.
Kalau direview penurunan penjualan yang
dilakukan di toko buku,mencapai 70-80%.Banyak penerbit yang bangkrut karena pandemic
corona ini.Dari data tersebut dapat dilihat penurunan pengunjung di gramedia
mulai bulan februari. Mulai merangkak naik awal juni.Melalui aturan protocol covid
-19.
Dengan menghadapi pandemic ini, penerbit
buku, melakukan strategi yaitu pentingnya mentransformasi digital.Perubahan ini
menimbulkan dampak ke dalam beberapa hal, mulai dari tempat bekerja, mengajar
bagi guru dan dosen. Hingga tatanan kehidupan dalam keluarga juga mulai
berubah.
Dalam hal ini dalam pemasaran buku
diperlukannya digital marketing dalam pemasaran buku. Dalam digital marketing
kita harus menyesuaikan diri, diera normal ini. Di dalamnya terkandung
Branding, social media, digital marketing dan lain-lain.
Kenapa kita harus memakai digital
marketing? Karena sangat efektif bagi pemasaran buku untuk meningkatkan penjualan.Kita
harus menjalin hubungan di mesia social, kita juga harus membangun hubungan
baik dengan best seller yang ada.
Pemasaran yang paling efektif adalah
melalui komunitas-komunitas.Melalui komunitas inilah produk segala macam buku
akan ditawarkan kepada pembeli. Selebihnya kita bisa lebih tampil di depan
pertama yang tercepat dan tepat dalam melakukan pemasaran di digital marketing
ini.
Selain itu mereka juga melakukan
promo-promo khusus, smacam memberikan diskon kepada konsumen. Untuk meningkatkan
penjualan,mengadakan event-event melalui webinar sebagai promosi dari buku yang
akan dijual.
Kita juga harus mempertahankan kualitas
buku. Menjadikan branding yang tanggap respon, jika ada yang ingin membeli
buku, serta sepat melakukan pengiriman. Dan harus mempunyai solusi yang baik
kepada konsumen yang melakukan komplain.
Strategi yang lain, supaya buku
penjualannya tetap bertahan, yaitu dengan cara mobile marketing, email
marketing untuk menargetkan pelangggan sangat efektif.Sehingga jumlah
pelangggan meningkat.
Cara lain juga untuk memasarkan buku,
yaitu denga cara personal marketing, dengan dapat menampilkan iklan infiormasi,
menargetkan secara perorangan., secara continue marketing yaitu secara
berkelanjutan secara terus menerus
Strategi yang penting juga dalam
pemasaran buku adalah melalui internet. Dinamakan konten marketing. Karena
setiap informasi selalu dicari di internet. Jadi dilakukan cara semenarik
mungkin agar konsumen tertarik.
Di dalam pemasaran buku perlu juga kita
menghadirkan visual marketing, melaui instagram, youtub. Dalam memasarkan buku
melalui digital marketing kita perlu melalui google untuk pemasaran buku.
Berkaitan dengan adanya alokasi dari dana
Bos untuk buku-buku perpustakaan. Mereka juga menyediakan secara lengkap sesuai
yang dibutuhkan sekolah melaui market place.
Beliau
memberikan motivasi dengan kalimat selamat berjuang,karena menulis adalah suatu
perjuangan, penuli adaalah pahlawan akan dikenang selama-lamanya.Lembaran karya
adalah medan pertempuran, pena adalah senjatanya. Buku adalah gudang ilmu,
kuncinya adalah membaca, membaca adalah jendela dunia.
Terima
Ksih Bapak atas Informasi dan trik pemasaran yang dilakukan.
Komentar
Posting Komentar