Resume bersama cekgu Tere

Resume bersama cekgu Tere

Rabu, 17 Juni 2020

Pukul. : 19.00-21.00 WIB

Oleh.   : Nanik Kartika,S.Pd

Materi. : Menulis dan Menerbitkan buku


Malam ini sungguh suatu anugerah, bisa bertemu lewat media sosial. Sosok yang sangat saya idolakan, lewat novel karyanya yang sering saya baca di sekolah.


Saya sangat menyukai tulisannya.karena bahasa yang digunakan mengalir seperti air. Latar cerita yang dibuat sangat realis.


Siapakah dia?


Sekitar bulan Februari, sang guru hebat yang sangat menginspirasi inimelihat salah satu postingan teman di FB ttg resume dr kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Saat itu ia belum kenal dgn Om Jay dan jg kegiatan belajar menulis atau yg sering kita sebut kuliah online WAG ini. 


Iapun memberanikan diri utk bertanya pada Om Jay ttg cara utk bisa ikut kegiatan belajar menulis, lalu akhirnya saya pun digabungkan dlm grup Belajar Menulis Gelombang 4.

Tidak lama stlh  bergabung dalam grup, ada info bhw nti mlm akan ada materi 


pertama ttg personal branding. Lalu Om Jay mendata semua peserta grup Belajar Menulis Gelombang 4 yg sdh memiliki blog. Tujuannya adalah agar setelah menerima materi dr narasumber, peserta membuat resume lalu dikirimkan ke email Om Jay dan diposting di blog masing - masing. Om Jay mengatakan bahwa dgn cara ini, kita bisa menebar banyak kebaikan melalui tulisan yg kita bagikan tersebut.


Setelah ia mengikuti model pelatihan melalui WAG dan merasa bingung ketika harus membuat resume, walaupun saat itu ia sendiri sudah memiliki blog. Saat itu almtnya masih https://cikgutere.blogspot.com, blog yang sudah lama dibuatnya,lnamun baru diisi sekitar bulan Oktober setelah termotivasi oleh seorang teman yangg juga merupakan seorang blogger. 


Ia mencoba mencari informasi tentang resume. Cara membuatnya serta tips dan trik mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumnya.


Ketika awal menulis resume, is coba mengimitasi gaya menulis resume dari beberapa orang, namun ia  merasakan kaku dan ide - ide tidak bisa mengalir dengan lancar. 


Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blog walking, mulailah menemukan style sendiri dalam menulis resume. Dari situlah akhirnya merasakan lebih percaya diri saat menulis resume. 


Hal yg menjadi kebanggaan baginya sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang dibuat lalu kita posting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itu, ia tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blogya.Sehingga ia bisa terus memantau trafik pengunjung blognya, bahkan melihat bnyknya viewer yg membaca tulisan saya. Ini adalah contoh artikel yg sy buat dan dilihat oleh ribuan pembaca. 


Sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay,ia punya pengalaman yang unik dan menarik. Ini salah satunya : 

Suatu saat, salah satu narasumber  saat itu, Ibu Lilis Sutikno, beliau adalah guru PPKn di salah satu SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kpd kmi utk lomba menulis resume dgn cepat. Bagi yg tercepat, maka akan mendpatkan hadiah dr beliau. Saat itu kondisi di daerah nya sedang mati lampu. Sehingga ia harus berjuang untuk bisa terus menulis resume smpai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita. Iapun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , beliau menghubunginya dan menyatakan bahwa tulisannya masuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dari beliau. 


Rasa sangat senang tak terkira, karena bisa membuktikan diirinya bisa menulis resume dengan cepat dan beliau juga suka dgn resume yang ditulisnya.

Dan terakhir, sy mendpt penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta. 


Ia teringat yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya".Ia sudah merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dengan menulis resume. Keajaiban itu datang ketika ia  dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Kebetulan ia termasuk satu dari peserta, sekitar 21 peserta yang menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karyanya yangberkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor. Up


Merupakanpencapaian yang luar biasa baginya. Kadangmerasa berat karena memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dengan pemberian penghargaan itu. 

Dan apa yg dikhawatirkan pun terjadi. Banyak guru - guru yg menghubunginya secara japri melalui WA dan messenger sekedar untuk meminta tips atau saran dalam menulis. 


Sosok yang rendah hati ini, selalu merasa sangat minim ilmu, namun di sisi lain, iapun harus tetap berbagi dengan guru lain.


Berikut resume ala Cikgu Tere : 

1. Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat. 

2. Menulis resume sesuai dgn gaya menulis kita sendiri. Just be your self. 

3. Tangkap point penting materi dr narasumber, modifikasi dgn kalimat sendiri (jangan asal copas materi dr chat) 

4. Gunakan pengantar yg menarik sebelum masuk di isi resume (biasanya saya menghubungkan dgn kehidupan saya, misalnya topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor, maka saya awali dgn pengantar bhw sejak kecil sy suka membaca buku dan ada mimpi suatu saat sy bs menulis buku dan buku sy dipajang di rak buku sebuah toko buku besar"


5. Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca

memahami struktur tulisan. 


6. Tulislah resume dgn sepenuh hati. Bkn krn sekedar ingin mengerjakan tugas dr Om Jay. Ketika kita sdh menulis resume dgn sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yg lebih dr orang lain / blogger yg lain. 

- Menentukan judul resume yg wow 

  Baca artikel berikut : https://www.cikgutere.com/2020/03/lima-judul-tulisan-yang-menarik-minat.html?m=1

- Mencari referensi terkait topik 

- Merancang "pasar" resume kita dan melakukan strategi promosi

- Merancang tampilan / visual resume dgn menambahkan gambar atau video di resume kita. 

-Melakukan editing sederhana (PUEBI)


7. Cari informasi terkait narasumber yg akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dlm memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan mnjdi lbh baik drpd peresume yg lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)


8. Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yg mendukung kita dlm menulis resume, misalnya jika ada narasumber yg memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yg menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text utk mengubahnya menjadi text. 


9. Lakukan blog walking utk mencari informasi yg mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis


Begitu banyak pertanyaan yang disampaikan, ada beberapa yang sempat saya tuliskan :


Pertanyaan 1 :

Selamat malam Ibu Tere

Perkenalkan saya ibu Aning S dari Pati ...gel 12

Bagaimana memulai menulis agar bisa bermutu, bagaimana caranya agar tidak minder untuk memunculkan karya pribadi  ( mungkin belum layak syarat tulisan) , serta dimana bisa memulai menerbitkan karya dari lingkup terdekat?

Terima kasih


Jawaban pertanyaan 1:

Baik, Ibu Aning, salam kenal. Untuk menulis yg dikatakan bermutu, tentunya kita harus terus menulis, karena tulisan yg bermutu bukan produk sekali jadi. Ibaratnya butuh jam terbang juga. Dari pengalaman saya, untuk mengetahui tulisan itu bermutu atau tidak, saya coba kirim tulisan saya ke majalah atau blog komunitas sprti kompasiana atau gurusiana. Krn di sana ada penilaian thdp tulisan kita. Kemudian agar tidak minder, kita harus kembali meluruskan niat kita utk menulis yaitu untuk berbagi. Jika kita ikhlas berbagi, maka pelan - pelan perasaan minder akan hilang. Pertanyaan berikutnya ttg menerbitkan karya, bisa ibu mulai dr lingkup sekolah terlebih dahulu. Mungkin ada majalah dinding atau blog / website sekolah.


Pertanyaan 2 :

Selamat malam Ibu Tere

Perkenalkan saya Santi dari Jayapura


1.Bagaimana strategi jitu yg ibu lakukan ketika ibu menerima tantangan menulis buku hanya dalam satu Minggu


Hebat , salut  sangat menginspirasi. 


2.Bagaimana cara ibu memenej waktu karena kegiatan kita kan banyak harus melakukan PJJ, harus lakukan tanggung jawab sebagai Ibu rumahbtangga dan masih harus menulis lagi.


Terimakasih


Jawaban pertanyaan 2:

Baik, selamat mlm, Ibu Santi. 1. Strategi sy : membuat jadwal dulu. Malam itu langsung sy kirim outline Bab 1 - 3 pada Prof. Eko sekaligus rancangan judulnya. Ternyata besoknya langsung di tagih Bab 1 maka brdasarkan outline yg sdh dibuat, sy langsung menulis. Sambil menulis, sambil mencadi referensi pendukung. Kebanyakan dr jurnal dan website online walaupun ada juga yg dr buku koleksi pribadi saya. Dlm perjalanannya kmi mndpt tambahan waktu 1 minggu, namun dgn catatan jumlah halaman minimal 100 hlmn dan dibuat 5 bab dengan spasi 1. Sehingga kerja keras lagi. 

2. Saya berpatokan pada jadwal, Bu. Shg tiap hari saya punya target. Mmg kita sbgai guru plus ibu rumah tangga pasti bnyk kesibukan, tapi biasanya sy komunikasi dgn kelrg bhw saat ini sy ada proyek menulis shg start dari jam 10 pagi sampai sktr jam 3 sore, sy akan menulis. (sy punya anak kecil umur 3 thn) dan ini adl waktu utk menulis krn biasanya anak akan bermain dan tdr siang. Lanjut lagi pkl 07.00 - 12.00 mlm. Anak biasanya ntn tv dan sudah tertidur.


Beliau juga memberikan tips untuk menjadi penulis yang kreatif :

  1. Pilihlah kategori ekspresi menulis ada dengan cara sprinter dan marathon

  2. Tentunkan peran hanya sebagai penulis, bukan editor

  3. Bacalah buku yang sejenis, dengan yang ditulis, sebagai inspirasi


Kesimpulan dari materi yang disampaikan : menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dgn baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.


Terima kasih cekgu Tere, akhirnya bisa bertemu dengan idola. Walaupun lewat dunia maya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui branding dari Pak Namin

Bersama bu Beti mengelola Kelas di Era Covid

Menulis Sebagai Goresan Inspirasi