Resume bersama Bambang Purwanto

Kisah guru Ngeblog di wordspress

Bersama Bambang Purwanto

Jumat, 12 Juni 2020

Waktu  : 19.00-21.00 WIB

Oleh.   : Nanik Kartika,S.Pd


Malam ini kita akan mendapatkan pengetahuan baru dari narasumber yang luar biasa.  Semoga kita yang tergabung dapat mengambil pembelajaran yang berharga malam ini.


Adalah seseorang yang begitu menggugah selera untuk menulis dan selalu siap berbagi setiap hari


Beliau sudah hadir bersama kita akan mengupas tentang kisah guru ngeblog di wordpress beliau adalah Bambang Purwanto


Kita sering menyebut nya dengan nama keren yaitu Mr bams


Beliau dilahirkan sebagai orang yang kurang berani. Maka Allah mengantarkan teman didalam perut ibu , jadi saya tidak sendirian. Kami lahir normal, saat mau keluar saya bermain hompimpah siapa yang keluar duluan. Saya pun memainkan kedua tanganku sehingga saya menjadi kalah.


Beliau menceritakan perjalanan panjang menjadi seorang guru. Saya masih ingat saat mau lulus SMA tahun 1992  datang ke daerah LEdeng Bandung, tempat IKIP berasa (saat ini) UPI.


 Mendaftar ke PGSD tahun 1992 akan tetapi ternyata tidak beruntung


1992 - 2000 : Konsultan

2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)

2004 - 2008 : Pendongeng Keliling

2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan

2008 - sekarang : Guru SMP Taruna Bakti


Kapan Mulai buat Blog ?

Sejak di SMP Taruna Bakti diterima tahun 2008, tahun 2009 saya selain guru diminta membimbing ekskul. Saya membimbing ekskul blog, tetapi pakai multipy


*Lanjutkan tentang Ngeblog*

Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi, Saya berpindah hati ke wordpress. Kenapa ngak blogspot, ya namanya juga jodoh. Jadi saya pilih wodpress.


*Kenapa Ngeblog ?*

Karena  senang dunia menulis. Karena sejak tahun 2003 beliau adalah pendongeng juga. Maka sebagai sumber mendongeng harus banyak membaca buku. Tahun 2011 saya membuat Taman Baca di rumah sendiri, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri, kami sekeluarga pindah ngak jauh dari Taman Baca


*Pegiat Literasi*

Label pegiat literasi nempel, sejak tahun 2011 beliau sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren.


Disekolah pun sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit. Sosok pegiat literasi ini sangat senang membaca. Kegiatan yang berhubungan literasi disekolah selalu mendapat jatah untuk terlibat.


Prestasi tertinggi di sekolah :

Saat SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara LIterasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit


Saat itu beliau sebagai Ketua Tim Literasi. Selain sekolah, beliau pun mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung


tahun 2019 beliau mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019, hanya saja masuk 6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur


tahun 2019 pun beliau mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019, hanya saja masuk 6 besar. Mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur


*Tujuan Membuat Blog* :

1. Malu sebagai guru TIK ngak punya blog

2. Malu sebagai penggiat literasi ngak punya blog

3. Berbagi pengalaman

4. Menyimpan tulisan sepanjang zaman (bukan sepanjang hayat)

5. Menghasilkan rupiah


*Apa saja isi dari blog* :

1. Isilah yang disukai. Senang menulis cerpen, tulislah cerpen. Senang menulis puisi tulislah puisi

2. Isilah yang bisa membantu orang lain, tidak hanya pengetahuan atau informasi. Saya sedang mengembangkan sebuah blog yang mendukung kegiatan. Seperti yang dilakukan bersama Omjay. Omjay merasa bahagia saat daftar hadir sudah direkap. Peserta tinggal datang ke blog, kemudian klik daftar hadir, tanpa harus mencari chat di grup WA


*Wabah Covid-19 menuai berkah*

Gara-gara Covid saya memberanikan buka kelas blog. Siapa inspirasinya ? Om Jay dan Kang Encon. Saya perhatikan polanya, saya perhatikan bagaimana mengelola kelas online di WA. Saya belajar dengan cepat. 

Lahirlah :

1. Kelas Blog Pemula sudah 4 angkatan, Angkatan 5 akan mulai 13 Juni

2. Kelas Blog Lanjutan sudah 1 angkatan, Angkatan 2 akan mulai 18 Juni

3. Kelas Blog Utama (peserta yang mintanya bebas, bisa belajar kapan saja)


Apakah gratis ?

Memang belum bisa seperti Omjay, semua memang ada rupiahnya, akan tetapi harga terjangkau. Bila dibandingkan harga pasaran di internet, jauh.


Lakukanlah apa yang mau dan bisa kita lakukanlah. 

Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya

Bermodal mau maka akan menjadi bisa.


Semoga pengalaman yang saya sampaikan hanya setetes embun dipagi hari. Masih banyak orang hebat di sana. Kita bukan untuk menjadi orang hebat, akan tetapi semoga kita menjadi orang yang bermafaat kapanpun, dimanapun dengan siapapun.


Dari materi yang disampaikan, ada beberapa pertanyaan yang saya tulis :


Pertanyaan 1:

Salut untuk Mr. Bam, 

Saya Mardiyanto dari SMPN 3 Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah 

Saya lama punya beberapa blog, tetapi tiap saya membuka blog cinderung lebih suka mengeksplor tampilan blog daripada menulis, apalagi kalau pakai blogger templetnya bisa kita otak-atik bebas. Yang ingin saya tanyakan bagaimanakah kiat-kiatnya agar kita fokus menulis di blog daripada mengotak-atik tampilan blog?


Jawaban pertanyaan 1:


Jawaban 1:

Pak Mardiyanto yang saya hormati

Ya, orang memang selalu tergoda dengan penampilan, sehingga seringnya otak-atik.

Sarannya :

Beradamailah dengan diri sendiri, buatlah target menulis. Semiggu sekali kah ? Dua hari sekali kah ? Atau setiap hari. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intensitas menulisnya


Pertanyaan 2:

Assalamu'alaikum wr wb


Salam kenal mr. Bams... 

Luar biasa kisah yang disampaikan oleh bpk.. 


Saya Titin Sumartini dari Subang

Izin bertanya.. 


1.Biasa brp hari/bln seseorang mulai mahir dlm ngeblog(membutuhkan brp hari jika pelatihan)?

2.Dari ngeblog bisa mmjd nilai rupaiah, blog yg seperti apa yg bisa mmjd nilai rupiah? 

3.Kendala kami malas ngeblog salahsatunya blm begitu mahir menguasai IT, adakah solusi dr mr. Bams? 



Jawaban pertanyaan 2:


Assalamu'alaikum wr wb


Salam kenal mr. Bams... 

Luar biasa kisah yang disampaikan oleh bpk.

Saya Titin Sumartini dari Subang

Izin bertanya


Jawaban pertanyaan 2:


*Jawaban 2*

Bu Titin yang sedang bahagia

1. Di kelas saya ada yang satu hari sudah bisa. Bila hanya dasar (a) membuat blog, (b) belajar posting 2 hari juga bisa.

2. Ini memang tergantung rejeki kalau menurut saya, berdasarkan pengalaman blognya penamrbams.ide lahir senang membahagikan yang lain. JIka kita melakukan kebaikan, maka akan datang kebaikan. Buat saya yang real adalah saat bisa mengajar blog, maka blog saya menghasilkan

3. Malas ngeblog ganti kalimatnya *Saya sedang berjuang membuat blog, maka saya akan lakukan*. Mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih.


Pertanyaan 3 :

Assalamu'alaikum Mr Bam's.

Maaf saya mau bertanya kaitanya dengan menulis .Jika saya sdh punya blog apakah perlu jg mbuat wordpres?.

Apakah perbedaan menulis di blog dan wordpres?

Jk kt mliliki.keduanya.bgmna kita mengelola keduanya? 

Terimakasih.. 

Sumarjiyati-GK



Jawaban pertanyaan 3 :


*Jawaban 3*

Waalaikumsalam w.w

Ibu Sumarjiyati yang saya hormati

Menulis di blog bisa dimana saja, ada *blogspot* ada *wordpress*, ada juga yang di *web*. Menulis dimana pun bagus, tergantung selera dan kebiasaan. Boleh punya dua asal bisa dikelola dengan baik. Punya dua kalau yang satu ngak terkelola saya. Saya ada blogspot tetapi belum optimal, punya supaya bisa komentar diblog tersebut.


Mengelola dua blog

dibutuhkan kedisiplinan dan latihan yang tekun. Bila latihan pasti bisa. Memang saya juga belum mencoba. Tetapi kalau mau dicoba dengan latihan yang keras pasti bisa.


Pertanyaan 4 

perkenalkan saya supyanto kota bekasi gelombang 8. Apa yang membedakan antara blogspot dan wordpress, dilihat dari kelebihan dan kekurangannya?


Jawaban pertanyaan 4:


*Jawaban 4*

Pak supyanto yang saya hormati


Pertanyaan ini saya akan jawab diplomatis, dua-duanya bagus. Fokuslah di satu blog, kemudian berbahagialah dengan blog yang dikelola. 


Pasti jawabannya tidak memuaskan. Tetapi kalau saya lihat jawaban ini di internet sudah cukup banyak. Jadi sekali lagi kita kembalikan kepada penggunanya.


Pertanyaan 5:

Mohon tanya,, salam kenal saya Pak Nengah Suradnya dari Klungkung Bali, slmt berjumpa Bapak Bambang Purwanto nara sumber hebat, trimakasih yang selalu memfasilitasi dan memotivasi pd kegiatan ini..pertanyaan saya@Hal-hal positif apa sajakah yang bapak peroleh baik dalam menulis juga selaku trainer dan kendala-kendala apa saja yang bapak hadapi dalam proses ngeblog maupun diwordpress...?


Jawaban pertanyaan 5 :

*Jawaban 5*

Pak Nengah yang berbahagia

Hal yang postif adalah hidup merasa tertantang untu bisa mengisi blog setiap harinya. Apalagi sudah punya target.

Menu penamrbams.id

Pagi >>> *Berita*

Siang >>> bebas, kadang posting kadang tidak (mulai besok ada tampilan baru, tunggu aja)

Malam >>> *Tulisan Sebelum Tidur*


*Kendala saat ngeblog*

1. Jaringan sedang tidak bersahabat, padalah kita mau posting

2. Habis ide, kadang mengalami. Solusinya dengan membaca ke taman baca atau perpus pribadi


*Kesimpulan*


1. Sebagai guru tantangan saat ini sangat luar biasa, membiasakan menulis adalah bagian dari keterampilan yang harus diperlihatkan. Caranya dengan menulis diblog, mengirimkan tulisan ke media cetak (koran, majalah, media online) kemudian membuat buku.

2. Buatlah blog yang dikelola sepenuh hati, tidak hanya memenuhi target. Akan tetapi tumbuh kembangkanlah blog, sehingga blog bisa menjadi cerminan pemiliknya. 

3. Berbagilah kebaikan dengan cara apapun, termasuk media blog.

4. Setiap orang punya potensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan


Banyak orang yang bisa akan tetapi tidak semua orang mau melakukan sesuatu. Hidup ini akan selalu bahagia, karena bahagia diciptakan setiap saat. Buatlah tulisan agar dikenang sepanjang jaman.


Senang sekali bisa bersama mr bams karena kami diajak jalan jalan ke taman baca sungguh sangat luar biasa  sehingga termotivasi untuk ikut bersama


sampai ke dunia dongeng sungguh perjalanan yang sangat menyenangkan


Terima Kasih Bapak🙏🙏🙏


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui branding dari Pak Namin

Bersama bu Beti mengelola Kelas di Era Covid

Menulis Sebagai Goresan Inspirasi