Aplikasikan Tulisan Melalu Blog Bersama pak Dedi

Aplikasikan Tulisan Melalui Blog


Pemateri : Dedi Dwigatama

 

Oleh    : Nanik Karika, S.Pd

Rabu, 24 juni 2020

Pukul   : 19.00-21.00 WIB

            Malam ini hujan rintik-rintik mengiringi materi yang disampaikan oleh seorang blogger, youtuber, dan fotografer juga. Pemateri yang luar biasa. Pertemuan Melalui WA grup ini tidak mengurangi ilmu yang diberikan oleh beliau Malam ini beliau memberikan materi tentang Blog. Siapa beliau? Beliau adalah Bapak Dedi Dwitagama.

            Beliau  memulai materinya dengan  ditemani seorang moderator yang hebat. Bersama bu Fatimah memperkenalkan  pengertian tentang BLOG. Menurut beliau blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia.

            Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

            Menulis di blog pertama kali dimulai pada tahun 2005 dan masih tayang hingga saat ini . Pada tahun  2007 beliau  hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com. Alasan beliau hijrah ke wordpress adalah saat  wordpress muncul, seperti bola di dunia teknologi, menggelinding begitu saja dengan  edisi terbaru. Pada umumnya wordpress memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada aplikasinya  nya di android dan iphone.


            Selama 13 tahun ngeblog beliau  telah menulis lebih dari 4.100 artikel, dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000.

            Manfaat blog baginya  yang utama adalah mendokumentasikan setiap kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang dilihatnya. Bisa disampaikan secara lisan pada rapat" di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun. Seperti keranjang yang saya titip di dunia maya.. Beliau pun  hobby fotografi dan mendokumantasikannya pada blog khusus sebelum ada instagram.

            Beliau tak pernah mengatur waktu dalam membuat tulisan, artinya  menulis kapan saja saat ide muncul, bahkan  sering menulis saat menunggu anak di lokasi parkir sekolahnya, sambil mendengar musik di mobil. Beliau menyampaikan bahwa  menulis dengan menggunakan HP  tak perlu diedit, langsung dipublikasikan saja

Beliau menyampaikan tips usaha untuk meningkatkan kemampuan menulisnya, diantaranya adalah:
1.   Seringlah membuat tulisan, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan         meningkatkan mutu tulisan.
2.   Seringlah  berkunjung ke blog teman sebagai pembanding dan menambah referensi
3.  Usahakan membalas  komentar pembaca blog kita karena  hal itu akan meningkatkan    motivasi kita menulis.


            Membuat buku yang menarik ada beberapa cara yang dilakukannya. Cara agar tulisan kita menarik adalah:
a.  Berusahalah kita sebagai pembaca buku yang kita tulis.
b.  Lihat kembali tulisan kita agar menarik

c.  Mintalah kepada teman untuk memberikan penilaian.
d. Perbaiki kekurangan dari penilaian mereka
e.  Secepanya melakukan penerbitan, karena kalau d
ilihat berulang kali. Akan semakin banyak      kesalahannya.

Kesimpulan yang disampaikan oleh beliau :

            Manusia yang baik adalah manusia yg bermanfaat buat orang lain, peribahasa gajah mati meninggalkan gading, kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula . menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas  nikmati hasilnya kemudian .

Terima kasih pak Dedi atas ilmu yang diberikan.


Komentar

  1. Luar biasa resume di group ini ttg Pak Dedi memesona .dibuat Antologi kerren ini.

    BalasHapus
  2. Tks pak dedi atas berbagi ilmu dan prngalamannya

    BalasHapus
  3. Jelas top markotop...siapa duluuù

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui branding dari Pak Namin

Bersama bu Beti mengelola Kelas di Era Covid

Menulis Sebagai Goresan Inspirasi