Indahnya Pembelajaran Daring

     Indahnya Pembelajaran Daring

 






   Setiap tanggal 17 agustus seluruh bangsa Indonesia merayakan dengan penuh semangat dan sukacita. Tetapi nuansa kemerdekaan pada tahun ini sangatlah berbeda dengan tahu-tahun yang sebelumnya. Kenapa? Penyebabnya adalah virus Covid-19 kini sedang menyerang. Menyebabkan kecemasan dan rasa takut yang begitu mendalam. Karena berakibat pada kematin 

     Pemerintah Indonesia mengambil kebijakan agar seluruh rakyat Indonesia menerapkan          social distancing untuk menekan laju penyebarannya.  Pemerintah menerapkan belajar,                bekerja, dan belajar dari rumah.  Pendidikan adalah salah satu bidang yang terkena dampak          virus Covid 19.  Untuk menghindari klaster baru penyebaran virus ini, maka Pemerintah              melarang untuk sementara pembelajaran tatap muka.  Kasus virus Covid 19 belum                      mengalami penurunan yang berarti sehingga sekolah belum bisa melaksanakan pembelajaran        seperti  semula. Dengan adanya sistem pembelajaran jarak jauh.

     Pembelajaran jarak jauh tetap harus dilaksanakan dengan memperhatikan keadaan sekolah, anak didik, dan orang tua.  Penguasaan teknologi dan pengetahuan menuntut para guru untuk mengambil langkah dengan memilih metode pembelajaran yang digunakan selama daring dan luring.  

     Selama musim pandemi ini,  Guru banyak yang berlomba merancang dan berimprovisasi serta melakukan inovasi pola pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan menyenangkan.   Termasuk bagi para guru yang tidak terbiasa. Awalnya banyak guru yang kesulitan dan merasa ketakutan melakukan pembelajaran secara daring.

     Beruntunglah dengan keadaan ini, dulunya guru tidak terlalu tertarik dengan kecanggihan tergnologi. Akhirnya dipaksa oleh keadaan. Banyak tawaran diklat tentang aplikasi yang digunakan secara daring, sehingga sangat membantu para guru yang merasa kesulitan. 

     Pembelajaranpun berlangsung dengan baik. Bahkan menjadi suatu kebutuhan. Contohnya  Pembelajaran sinkronus yaitu dengan media tele konferensi sehingga ada diskusi secara virtual antara guru dengan siswa.  Misalnya menggunakan live chat maupun Zoom.  Hal ini seperti pembelajaran tatap muka hanya saja melalui jaringan internet. 

     Guru dan siswa akhinya dapat berinteraksi menggunakan media dan dalam waktu yang tertentu. Bahkan guru sekarang berlomba membuat pembelajaran yang menyenangkan dengan belajar menggunakan aplikasi yang ditawarkan.

     Media pembelajaran secara daring ini, akhirnya menjadi suatu kebutuhan bagi guru dan siswa. Sehingga menjadi rutinitas yang mengasyikkan. Karena di samping secara daring juga dibuat solusi secara luring bagi siswa yang kesulitan mengakses internet.

     Saya mengalami sendiri proses ini, karena profesi juga sebagai seorang guru. Di pedalaman Kalimantan, awalnya banyak kendala dan kesulitan. Sebagai pihak sekolah kami diberi kebebasa oleh atasan untuk membuat metode pembelajaran sesuai kondisi siswa.

     Akhirnya kendala itu bisa teratasi, karena kami sepakat meberikan kelonggaran kepada siswa dengan beberapa poin penting :

1.    Kami membuat WA grup sessuai kelas yang diampu.

2.    Menggunakan aplikasi classroom

3.    Memberikan kelonggaran waktu kepada peserta didik untuk menyelesaikan tugasnya.

4.  Bagi siswa yang daerahnya tidak ada jaringan listrik, kami mencetak modul sesuai Kompetensi Dasar.dan membagikan kepada mereka.

5. Kami wajib setiap pertemuan memberikan motivasi kepada siswa, agar mereka tetap bersemangat belajar.

     Sekarang ini pembelajaran dengan menggunakan jaringan, menjadi sangat menyenangkan dan menjadi suatu kebutuhan. Pendidikan adalah upaya memuliakan manusia muda menjadi manusia dewasa. Keberhasilan pembangunan negara salah satu tolak ukurnya adalah keberhasilan pendidikan. Melalui pendidikan akan melahirkan generasi-generasi yang cerdas, trampil yang siap menentukan arah pembangunan bangsa ini. Hal ini bisa kita lihat mayoritas negara-negara yang sudah maju kualitas pendidikannya sangat baik, dari segi fasilitas, proses pembelajaran, kurikulum, dan output peserta didiknya.

     Dunia pendidikan dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Hal itu dapat kita lihat dari perubahan kurikulum, regulasi, pendekatan proses pembelajaran, dan sarana penunjang pendidikan. Semua itu dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia dalam menjawab tantangan di masa depan. Pendidikan adalah kunci sukses kemajuan suatu bangsa oleh karena itu agar negara kita tidak ketinggalan dengan bangsa-bsngsa lain di dunia maka pendidikan kita harus bisa menyesuaikan dengan dinamika perkembangan zaman. 

Oleh :  Nanik Kartika, S.pd

Gunung Mas, Kalteng.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetahui branding dari Pak Namin

Bersama bu Beti mengelola Kelas di Era Covid

Menulis Runtut Dengan Mulut